Cara Membuat ID Card Simpel Dengan Photoshop Cs3

Sobat pasti udah tau apa itu ID Card yang pada umumnya pernah memakai sebagian yang pernah bekerja di suatu perusahaan, Kantor, Sekolah dll, Yap id card adalah kartu tanda pengenal yang berbentuk kecil beukuran 54 x 85 mm hampir sama seperti ukuran KTP umumnya berisi foto, nama, jabatan dan nama perusahaan, kantor, atau sekolah sobat sendiri.

Tapi pasti enggak pernah terpikirkan bagaimana sih cara membuat atau mendisent Id card yang kita pernah pakai karna mungkin kita semua hanya sebagai pengguna saja tanpa perlu memikirkannya, id card biasanya di pakai atau di gantung dengan cera di jepit di kantong baju agar mudah untuk di baca atau mudah di kenali bahwa sobat adalah bagian dari perusahaannya.

Id card dan kTP sebenernya hampir sama fungsinya cuma bedanya KTP hanya di buat sama oleh pemerintah dan semua warga negaranya harus memilikinya, Sedangkan Id card berbeda beda motif dan desainnya tergantung dari pembuat desainya sendiri mau seperti apa warna dan motif yang di inginkan oleh atasanya di perusahaan, kantor dll, Oke langsung aja kita coba ya.

Cara Membuat ID Card Simpel Dengan Photoshop Cs3


1. Buka aplikasi Photoshop Cs3 sobat klik new atau Ctrl + N untuk membuka kotak dialog new lalu buat ukuran 54x85 mm dengan resolusi 500, ukuran 54x85 ini adalah ukuran jadi atau ukuran potong nantinya.

2. Setelah lembar kertas berukuran 54x85 ini terbuka masuk ke bagian jendela layer buat background putih ini menjadi layer dengan cara klik kiri 2x dan akan muncul kotak dialog new layer beri nama area potong klik ok.

3. Ubah kanvas menjadi 58x89 artinya menambah 4 mili keliling klik image kemudian pilih canvas size dan akan muncul kotak dialog isikan width 58 dan height 89, funsgi ini adalah area background saja jadi sobat desain saja di area potong dan jangan takut nantinya akan terkena potong tulisan dan yang lainya.

4. Sekarang layer yang tadi kita beri nama area potong kita kasih warna hijau tua dengan cara posisikan di layer area potong dan klik layer style kemudian ceklis dan klik di bagian colour overlay lihat gambar.

5. Buat kotak warna biru dengan cara menggunakan ractangle tool buat dua buah kotak kecil dan agak besar di bawahnya.

6. Gabungkan 2 kotak warna biru itu dengan cara masuk di jendela layer pilih shape 1 copy daan shape 1 dan klik kanan pilih marge layer.

7. pada layer kotak yang baru saja kita gabung kita kasih list hitam dengan cara layer style dan pilih stroke atur ketebalanya sesuai keiginan sobat.

8. Kemudian kita buat teks nama, alamat, foto dll, Untuk teks gunakan horizontal type tool dan fotonya di drag aja dari file sobat.

9. Nah langkah kali ini sekiranya desainya sudah selesai kemudian full kan area potong yang berwarna hijau ini di kanvas yang berukuran 58x89 tadi, lihat gambar aja ya.

10. Kalau sudah begini sobat bisa mengganti atau memvariasikan warna background sesuka sobat dengan cara layer style.

Selesai deh sobat kurang lebihnya itu cara yang lumayan bener agar desain sobat tidak perlu takut terpotong nantinya di area nama dll, Selamat mencoba.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon