Cara Menggunakan Ruler di CorelDraw X5

Ruler atau penggaris ini biasanya digunakan untuk membuat garis tengah, garis potong sisi luar agar memudahkan dan menempatkan suatu desain yang selaras atau presisi, ruler juga biasanya digunakan dalam pembuatan desain yang mempunyai beberapa sisi yang berbeda dalam satu media kertas seperti brosur, undangan, yang nantinya akan dilipat dua, tiga dll.

Dengan mengerti cara menggunakan ruler di coreldraw ini sobat akan sangat terbantu ketika memposisikan object dengan tepat, Ruler atau garis bantu ini juga berfungsi seperti efek magnet jadi saat sobat membuat object akan mudah untuk menempel di garis yang sobat telah atur.

Secara default ruler akan membentang garis lurus vertikal dan horizontal berada di media kertas layout sesuai pengaturan yang akan kita buat, Apakah hanya membuat garis tengah saja atau beberapa lainya. Langsung aja kita lihat caranya.

Cara Menggunakan Ruler di CorelDraw X5

1. Buka CorelDraw x5 sobat buka lembar kerja new blank dokument dan buat contoh kertas layout 30 cm x 20 cm di create new dokument.

2. Masuk ke menu bar pilih View lalu ceklis beberapa antara lain ruler, guidelines, snap to guidelines, snap to object.

3. pilih guidelines setup klik view-guidelines setup.

Dan akan masuk ke kotak dialog option, disini kita coba buat garis vertikal, ingat lebar kertas yang kita buat lebarnya 30 cm jadi kalau ingin membuat garis tengah vertikal 30 : 2 = 15 cm contoh kita buat garis 1cm, 15cm, 29 cm lihat pada gambar.

Nah maka akan secara otomatis kertas layout membentuk garis 1cm, 15 cm ( garis tengah ) dan 29 cm. Untuk horizontalnya sobat lakukan hal yang sama. Ok sobat selamat mencoba mohon maaf apabila ada salah.
Untuk artikel lain silahkan baca di: https://tinyurl.com/4acu8x4

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon